CPU OVER TEMPERATUR

0
EHM,lagi-lagi saya akan menceritakan pengalaman saya.Jngan bosan ya dengerin nya,karena semua berhubungan dengan teknologi.Ceritanya gini,suatu hari saat saya lagi asyik berkomputer ria ,tiba-tiba komputer saya Mati.Padahal tidak sedang ada pemadaman listrik dari PLN.Terus saya hidupkan lagi komputer saya,dan muncul pesan
"CPU OVER TEMPERATUR" dan saat di tekan F1,kompputer berjalan dengan normal,tetapi setelah 3 menit,komputer kembali mati.

Tanpa membuang waktu terlalu lama,saya langsung menuju bios,dan disanan saya melihat suhu prosesor saya berkisar 98 derajat,wow....bayangin aja panas nya seperti apa.Kalau begini terus,bisa rusak ni Prosesor.Akhir nya saya membuka prosesor fan prosesor saya dan saat saya memegang nya,memang bener2 panas.Apa ada diantara kalian mengalami hal seperti ini ?
Kalau ada,jangan khawatir,solusi nya da dibawah ini :

1.kalau putaran fan prosesor anda sudah tidak normal lagi,atau semakin lambat,maka ganti lah fan prosesor nya.
2.sering2 mengganti thermal paste atau termal cmpound nya.
upps,paan lagi tuh thermal paste? bagi yang belum tau,thermal itu adalah pasta pendingin yang dioleskan pada fan,prosesor,chip.dengan memberikan thermal paste,suhu prosesor bisa turun sekitar 40%.Contoh nya seperti komputer saya,awal nya suhu sekitar 95,setelah dioleskan thermal,5 menit kemudian suhu turn menjadi 60 derajat.
udah tau kan semuanya,jadi gak perlu bingung2 lagi ....

satu pesan,semakin bnyak pengalaman yang anda temui,semakin bnyak pula ilmu dan pengetahuan yang anda dapatkan,maka jangan takut berbuat kesalahan,cobalah hal2 baru yang belum pernah anda coba."prinsip tekhnisi"