Tips Sebelum Membeli Printer Baru

1

Sebenarnya ini sih pengalaman pribadi, tips tentang membeli printer bisa anda lihat dibagian paling bawah artikel ini. Tapi saya sarankan untuk membaca pengalaman saya terlebih dahulu,supaya anda tidak terjerumus dengan hal yang merugikan seperti yang saya alami. gak masalah kan jika kita belajar dari pengalaman orang lain. Maksud saya ya supaya para teman2 yg mash newbie tidak mengalami hal buruk yang sama seperti yang saya alami.

Cerita nya gini nih gan, disaat sedang banyak-banyak nya tugas ditambah laporan tugas akhir yg harus diselesaikan (maklumlah anak smk gan,hehe),tentunya saya memerlukan sebuah printer untuk mencetak hasil-hasil ketikkan saya tersebut. Oleh karena alasan itulah saya mencari-cari informasi untuk membeli printer yang bagus dan berkwalitas. Tujuan pencarian pertama saya jelas saja dari dunia maya,yaitu tanya sama mbah google.

Searching sana dan sini, klik sana dan sini, terakhir saya mendapatkan info printer yang menarik untuk di beli. Yaitu Printer HP DESKJET 1050. Saya tertarik pada printer ini karena di situs tersebut dicantumkan keunggulan printer sebagai berikut :
1. harga cartridge relative murah sekitar 90-120 rb
2. tidak rewel dan tidak terlalu sensitive
3. hasil cetakan dokumen lebih bagus dari canon dan epson
4. hsil cetak foto lumayan bagus
5. harga hanya Rp.610.000
6. Bisa melakukan proses print,copy, dan scan


tanpa banyak mikir lagi,saya langsung ke toko komputer untuk membeli printer tersebut. Dan tanpa banyak tanya lagi, saya langsung membayar nya dengan uang cash karena terlalu senang membeli printer baru.

2 minggu saya memakai printer tersebut rasanya bagus-bagus aja,tidak ada masalah apapun yang muncul. Sampai akhirnya tinta printer nya habis,dan saya mengisi nya seperti biasa dengan menyuntikkan kelubang diatas cartridge nya. Setelah di isi tinta, baru muncul masalah yang membuat saya pusing.yaitu :
1. tinta nya berembes(banjir)
2. setiap hasil cetakan pasti terkena noda hitam
3. lampu led warning berkedip-kedip
4. cartridge dianggap tidak terpasang meskipun masih bisa mencetak

Hal ini membuat saya kesal karena laporan tugas akhir saya jadi bernoda semua karena rembesan tinta. Saya segera mengepack printer untuk dibawa lagi ke toko nya. Sesampainya ditoko, saya jelas kan semua permasalahan pada printer ini dan pemilik toko hanya menjawab dengan sedikit penjelasan.dia menjawab seperti ini "printer hp gak bisa di isi ulang(suntik) mas,cartridge nya harus diganti."

Saya langsung lemas mendengar nya,ya maklum saja selama ini saya hanya tau kalau semua printer bisa diisi ulang(suntik),dan baru kali ini saya beli printer HP karena keunggulan nya,kalau sudah begini terpaksa saya menjual printer tersebut daripada harus mengganti cartridge untuk setiap pengisian.Dan ternyata printer ini juga susah dijual,sudah hampir 15 toko komputer saya kunjungi,tapi tidak ada yang mau membeli nya ,kalau pun ada hnya dengan harga 250rb. Hingga akhir nya salah seorang anggota dari club motor dimedan membeli printer saya seharga RP.400rb. Yah mau tidak mau saya harus menjualnya daripada rugi dikemudian hari. setidak nya ini menjadi pengalaman buat saya.


Dan ini ada beberapa tips untuk teman-teman dan agan-agan sekalian dalam membeli printer yang baik dan berkualitas :
1. Cari informasi yang jelas tentang prnter tersebut
2. Tanya teman2 atau kerabat anda tentang merk printer yang mau anda beli
3.tanyakan pada pemilik toko apakah printer bisa di suntik dan diinfus
4. tanyakan pada pemilik toko permasalahan2 apa saja yang timbul pada printer tersebut
5. belajar dari pengalaman anda atau orang sekitar anda dalam membeli printer

definisi printer EPSON,CANON,adalah sebagai berikut :

Epson :
1. Hasil cetak foto punya kualitas yang bagus(sudah terbukti)
2. punya aplikasi dalam driver nya untuk mengolah foto
3. Proses pencetakkan lumayan lambat
4. head tidak terletak di cartridge,namun di dalam print. disatu sisi hal ini dapat menghindari sentuhan tangan secara tidak senganja terhadap cartridge,cartrdge nya tidak sensitiv. namun disisi lain jika head nya yang rusak,terpaksa harus membawa ke toko service,karena mengganti cartridge tidak akan menyelesaikan masalah.

Canon :
1. hasil cetakkan document bagus
2. hasil cetak foto lumayan bagus
3. Proses pencetakan lebih cepat
4. sering rewel atau muncul pesan error

HP :
1. hasil cetakan dokumen lebih bagus dari canon dan epson
2. hasil cetakan foto lumayan bagus
3. proses pencetakan lebih cepat
4. kualitas paling tahan lama(jika tidak dipakai dalam jangka waktu yang lama,tidak akan menimbulkan masalah)
5. jika ingin mengisi ulang tinta,pada sebagian printer hp harus ganti cartridge


yang diatas itu sih hanya sedikit yang saya ketahui,untuk lebih jelasnya silahkan agan cari-cari informasi lain.heheh, maklum saya juga newbie,jadi ilmunya terbatas.
Semoga bermanfaat bagi agan-agan sekalian.salam bloggger dan salam newbie..........