Macam - Macam Linux Berbasis GUI (DEKSTOP)

1
Di dunia server linux sudah tidak diragukan lagi kemampuan dan skalabilitas + security + availabel plus-plus yang lainnya (tetapi tetap tergantung man behind the gun ..!). Namun untuk penggunaan desktop linux harus berbenah banyak agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen dalam berbagai kalangan pengguna dari mulai pengguna rumahan, tukang oprek, mahasiswa yang baru kenal komputer, pengguna kantoran dsb.
Saya sendiri lagi coba-coba dan bereksperimen dengan macem-macem linux desktop tentu dengan parameter (kebutuhan) yang saya buat sendiri. Berikut ini ada beberapa parameter yang penulis buat sebagai acuan
untuk paling tidak ada satu atau beberapa distro linux yang cocok untuk kalangan desktop. Kebetulan saya bekerja disebuah perusahaan swasta
sekaligus developer PL/SQL dan juga merangkap administrator.
Berikut ini parameter (dalam hal ini lagi-lagi saya menggunakan kata kebutuhan) yang saya berhasil temukan dalam lingkup sekitar tempat saya bekerja:

1. Mudah instalasi dan pemakaian (secara keseluruhan tanpa ada
setting sana sini)
2. Mudah sharing file
3. Cepat dalam loading
4. Gegas dan ringan
5. Responship
6. Multimedia ( audio dan video)
7. Browser
8. Email
9. Chatting
10. Cool dalam tampilan sekaligus tidak neko-neko
11. Drag n drop yang bagus
12. Shortcut aplikasi dan folder
13. Stabil
14. Office
15. Design grafis
16. Authoring
17. Kemudahan dalam install dan uninstall aplikasi
18. Penanganan file (pdf, txt, png, jpeg, gif, xls, doc, dll)
19. Stabil (tidak sering crash)
20. Aman (paling tidak lebih tahan terhadap virus dan spyware
dan trojan)
21. Murah (no license dan boleh dibajak)

Kebutuhan diatas mungkin masih belum lnegkap namun paling tidak
sebagai starter awal buat kita-kita semua dalam mewujudkan
linux sebagai solusi desktop yang cocok buat semua kalangan.

Berikut ini juga daftar distro linux yang sudah saya coba beberapa dan tidak banyak karena keterbatasan waktu.

1. Xandros
2. Ubuntu
3. Kubuntu
4. Mandrake 10
5. Fedora Core 4
6. Lycoris
7. Knoppix 3.6
8. Simply Mepis
9. Redhat 9