Apa Sih Sudo su Itu?

0
Sewaktu pertama kali menggunakan Ubuntu ada hal yang aneh, yaitu tidak bisa menggunakan akun root. Bagaimana bisa menggunakan akun root, pada waktu proses instalasi saja tidak ada set password untuk akun root. Ini sangat berbeda dengan distro yang sebelumnya pernah saya gunakan yaitu Fedora. Secara default memang Ubuntu tidak menginzinkan untuk menggunakan akun root. Sebagai alternatifnya bisa menggunakan sudo.

Sudo adalah program yang terdapat di linux yang digunakan untuk menjalankan perintah yang membutuhkan akses dari akun root [1]. Sudo hanya dapat digunakan oleh user yang sudah terdaftar di file /etc/sudoers. Pada saat dijalankan sudo akan meminta password user yang menjalankan sudo tersebut, tetapi bisa juga dibuat untuk meminta password root atau tanpa password sama sekali. Secara default password yang dimasukkan tadi akan disimpan selama 15 menit agar dalam waktu 15 menit kedepan anda tidak perlu lagi memasukkan password jika menggunakan sudo[2]
"sudo su" memberikan kewenangan agar user biasa dapat bertingkah seperti super user(sudo --> super user do) sehingga user biasa pun dapat leluasa "menguasai sistem". Jadi buat apa ada Super User jika setiap user dg mudah dpt menjadi "Raja"... bukankah ini berlawanan dg masalah keamanan?? Sebagai contoh: seorang user biasa dapat menjadi SU dg mengetikkan sudo su, jadi ia dapat mengubah sendiri konfigurasi sistem sesukanya... beda dg distro2 yang masih "mengandalkan" SU sbg "penguasa sistem" dimana user biasa tidak akan dapat meng "utak-atik" sistem jika tidak mengetahui passwd root...
jadi dg bermodal passwordnya sendiri, maka seorang user biasa dpt dgn mudah menjadi raja menggunakan SUDO SU... apakah ini tidak berbahaya???
Menurut saya semua kembali kepada kita yang memberikan dan mengetahui password nya,karena kalau tidak ada pasword,maka perintah sudo su tidak akan bisa di akses.

oke mungkin cukup itu aja ,semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.
salam newbie dan salam tkj....