MOTHERBOARD

0
Motherboard atau Mainboard merupakan papan besar pada komputer yang berfungsi sebagai induk atau pusat penghubung seluruh komponen sekaligus mengatur kerja komponen tersebut agar dapat berfungsi secara maksimal.Menurut macam nya Motherboard terbagi menjadi dua,yaitu Motherboard interface dan motherboar on board.


Motherboard interface
Motherboard interface digunakan untuk menghubungkan berbagai perriferal luar menggunakan suatu adapter sehingga terdapat banyak ekspansion slot pada motherboard tersebutbiasanya motherboard tersebut digunakan pada komputer komputer tipe lama.

Motherboard Onboard
Mb onboard tidak menggunakan adapter untuk menghubungkan nya pada motherboard.Jenis ini banyak digunakan pada motherboard keluaran sekarang.


- Slot Expansi

Adalah slot yang digunakan untuk pemasangan card adapter.Jenis nya terdiri atas SLOT ISA,PCI,AGP,PCI Express dan lain-lain.







-Slot Memory
slot mory adalah slot untuk memasang memory.slot ini terdiri atas berbagai jenis,antara lain slot memori SIMM,DIMM/SD RAM,DDR RAM,dan DDR2.Jenis slot DDR2 hampir sama dengan DDR,perbedaan nya ada pada leetak pembatas slot yang agak ke tengah.




-Chipset


Chipset adalah sebuah chip pada motherboard yang berfungsi untuk menghubung semua jalur data dalam motherboard tersebut.Chipset mempengaruhi kelebihan atau dukungan motherboard terhadap periferal lainnya.






- PORT I/O Port i/o adalah konektor tempat memasang peralatan input/output.Port i/o terdiri atas:
1.slot ps/2
slot ini berbentuk bulat dengan 6 pin betina,dan biasanya warana biru untuk keyboard dan hijau untuk mouse.

2.slot serial com
berfungsi untuk alat serial,misal nya mouse serial dan alat lainnya.

3.slot VGA (Video Graphic Adapter)
biasa nya berwarna biru dengan 15 pin betina,fungsi nya untuk menghubungkan kabel monitor.

4.slot Lpr (Line printer port)
Terdiri dari 25 pin betina biasa nya berwarna ungu fungsinya untuk menghubungkan kabel printer.

5.slot USB
Fungsinya untuk menghubungkan alat yang menggunakan fasilitas USB seperti printer,camera,scanner,keyboard,flashdisk,dll.

6.slot sound
warna pink untuk microphone,hijau untuk speaker/headphone,dan warna biru untuk perangkat lain.

7. slot game port
digunakan untuk joystik.

-GENERATOR CLOCK
Generator clock adalah sebuah kristal pada motherboard yang berfungsisebagai pembangkit pulsa prosessor dan menyamakan waktu kerja antar komponen dalam motherboard.