PENGERTIAN LAN , MAN , WAN

1
ehm,lama ya gak posting.udah pada baca judul nya kan? LAN,MAN,Dan WAN.mungkin ini hal sepele buat para anak2 tkj,tapi kenyataan nya justru ini yang sering dilupakan oleh anak2 tkj.kenapa saya bilang seperti itu? karena hari ini saya masuk pelajaran produktif tkj dengan di tahun ajaran baru.Sebenar nya materi yang akan dibahas hanya WAN sich,tapi guru saya mencoba mereview kembali pelajaran tahun lalu,yaitu tentang LAN Dan MAN.Faktanya 80% siswa dikelas saya gak bisa menjawab beberapa pertanyaan dari pak guru tentang LAN Dan MAN,hhoho untung saya masih sedikit mengingat nya.Maka dari itu saya mencoba menulis artikel ini agar semua teman2 tkj tetap memahami pelajaran yang pernah di lalui.langsung aja ya...

1.Local Area Network (LAN)
Dari nama nya saja tentu kita sudah tau apa yang dimaksud dengan LAN,kita pakai bahasa yang simple aja ya,LAN adalah jaringan area lokal atau jaringan yang berjarak sempit.lalu sesempit apa jaringan ini?apakah hanya 1 ruangan?tentu tidak, atau 1 gedung saja? tentu juga tidak.Bagaimana dengan gedung yang bersebelahan namun mempunyai jaringan yang sama,apakah itu LAN? iya,itu masih bisa dikatakan LAN.kenapa gitu? karna kedua gedung tersebut masih berada dalam 1 wilayah.

2.Metropolitan Area Network (MAN)
Pengertian simple nya Man adalah jaringan hasil gabungan dari jaringan2 LAN,tu menurut saya.karena MAN memiliki jarak yang lebih luas daripada LAN.Seluas apa jaringan MAN tersebut?MAN merupakan pilihan untuk membangun jaringan komputer antar kantor dalam suatu kota/Provinsi.

3.Wide Area Network (WAN)
adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.
WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain dengan jarak yang lebih luas lagi.

PENGERTIAN YANG CUKUP SEDERHANA,kalau para kakak2 tkj merasa ini hanya lah ilmu newbie ,memang benar karna saya memberikan nya untuk para newbie.Dan satu pesan saya,jangan pernah menyepelekan hal2 yang kecil.Mungkin2 saja para senior2 tkj bisa lupa dengan hal kecil seperti ini.Maka itu saya mengingatkan teman2 semuanya.

salam newbie...